Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian
penting dari kendaraan
darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan
permukaan jalan, melindungi roda dari aus
dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk
meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Sejarah ban
Pada tahun 1839,
Charles Goodyear
berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari
kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya
Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi melainkan
karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai
nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire
and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire &
Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli
pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari
salah seorang iparnya.
Pada tahun 1845
Thomson dan Dunlop
menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara.
Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch
menemukan ban dalam, sementara William Erskine
Bartlett menemukan ban luar.
Jenis-jenis Ban
Ban Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai.
Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord
ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap
keliling lingkaran ban.
Ban Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90
derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi
cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari
ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk
pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis
ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal,
walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling
Resistance" yang kecil.
Ban tanpa tube
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban
dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990.[5] Ban tubeless
adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik
seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk
secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara
di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.
Bagian-bagian ban
- Tread adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
- Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan di antara tread dan casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
- Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
- Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada velg.
0 komentar:
Posting Komentar